Jumat, 17 Juni 2011

PyS60 Apps Crash! - Zntxhan 2.04 Vs MobilHex 0.9.9 (S60v2)


Semakin hari, semakin hebat dan semakin banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dari program-program yang berbasis pada Python S60. Sampai-sampai, development aplikasi langsung dari ponsel bisa terwujud. Mulai dari edit kecil-kecilan seperti translate bahasa suatu aplikasi, kompilasi script, APP starter, dan packing inetaller Symbian atau J2ME tanpa perlu bantuan komputer. Waw,... :)




Tapi dibalik kehebatan itu, tentu saja, pasti ada masalah yang terjadi terhadap program-program development yang digunakan. Seperti yang aku alami beberapa waktu lalu. Zntxhan dan MobilHex. Kedua prgram ini seolah-olah gak mau jalan bareng,... :(

Sambil pura-pura bingung, akhirnya aku coba-coba untuk melakukan beberapa percobaan. Seperti meng-uninstall Python S60 v1.45 hasil repack dan meng-install yang baru dengan versi originalnya. Wow,.. ternyata MobileHex mau jalan dengan versi Python yang asli. Tapi enggak sama Zntxhan. Pada Zntxhan malah terjadi `AppClosed!'.

Pada kasusku, Zntxhan hanya mau jalan kalo Python yang terpasang adalah Python hasil rebuild/repack. Wahhhh,.... tambah pura-pura bingung lagi nih,.... dan akhirnya aku tinggal tidur. Heheheheh,... :P Nggak ding,.. aku coba aja, manfaatin keduanya. Python v1.4.5 repack sama Python v1.4.5 originalnya, :D



Pertama kali yang aku pasanga adalah Python S60 v1.4.5 Repack. Setelah beres, aku pasang SisBoom. Aku ekstrak Python S60 v1.4.5 Original dan aku copy-kan isi direktori !/Syetem/Libs ke E:/System/Libs pada MMC (replace semua module rebuild dengan module originalnya dan hanya module yang berada dibawah direktori !/System/Libs saja yang disalin). Dan akhirnya, sekarang mereka berdua mau jalan berdampingan, ^^







** Tested on Nokia 6600 **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar